Sadar gak sih, kalau kita konsumtif?

Apaan tuh konsumtif? konsumtif itu adalah sifat mengkonsumsi barang-barang yang sebenarnya kurang diperlukan secara berlebihan untuk mencapai kepuasan yang maksimal!! see.. hanya untuk memenuhi kepuasan hingga mencapai maksimal!

Berarti ketika kamu udah mulai beli barang-barang yang enggak terlalu kamu perlukan hanya karena kamu suka dan puas, itulah perilaku komsumtif.

Kenapa perilaku ini gw (dan sebagian orang) anggap sebagai sebuah perilaku yang negatif? karena bagi gw perilaku ini membuat orang-orang membuang uang mereka dengan percuma. Lebih-lebih anak muda kayak kita yang (bagi sebagian) belum bisa nyari duit sendiri yang alhasil minta sama ortu.

Gw suka sebel kalau udah denger orang bangga karena punya sesuatu barang. Katanya langka lah, buatan luar negri lah, mahal, keren, dan bla bla, padahal gw juga ragu uang nya enggak dia dapet dari ortunya.

Pada akhirnya perilaku ini membuat sebagian orang menilai seseorang hanya dengan penampilannya. Beberapa komunitas pergaulan contohnya. Ada peraturan enggak tertulis yang mengatakan "lw alay? step a side!!!". Dimana stuff dan gadget lebih di perhatikan dibandinglan personaliti orang tersebut.

Akhirnya banyak anak2 yang minder hanya karena penamplilan mereka. Bagi yang enggak mampu mencari alternatif dengan menkomsumsi pakaian dari clothing yang lebih murah.Sayangnya alternatif itu membuat pola konsumtif anak muda yang salah gaya atau yang biasa kita sebut alay.

Pada akhirnya terbentuklah dua kubu yang tanpa kita sadari menghiasa hari2 kita. Dia yang merasa gaul dan dia yang kita sebut alay. Tanpa kita sadari kita membuat sistem kasta sosial hanya karena perilaku komsumtif.

So... mulai sekarang bukalah pikiran kamu. Belilah secukupnya. Contohnya gw enggak bli sepatu lagi selama 3 tahun dan nunggu sampe sepatu gw udah enggak layak buat di pake(ya enggak harus gitu juga deh) pokoknya kurangi perilaku komsumtif kita ok ok ok

0 komentar:

Posting Komentar

my visitors!